Membuat Popcorn Beraneka Rasa

Bahan Membuat Popcorn
Sebelum membuat popcorn tentu terlebih dahulu kita akan menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Seperti penjelasan sebelumnya, kita membutuhkan jagung khusus popcorn sebagai bahan utama. Selain jagung, kita juga butuh minyak, mentega, atau margarin, tinggal pilih salah satu saja. Tapi sedikit saja ya jumlahnya, cuma untuk menumis biji jagungnya saja kok.

Sebenarnya cukup dua bahan tersebut saja untuk bisa membuat popcorn. Tapi, jika kamu ingin memberikan rasa lainnya, tinggal menambahkan perasa. Bisa kamu tambahkan gula, garam, atau perasa makanan lainnya.

Jenis Jagung untuk Popcorn
Untuk membuat popcorn, kita tidak dapat menggunakan sembarang jenis jagung, ada jagung khusus yang memang untuk membuat popcorn. Jagung khusus tersebut adalah yang memiliki nama latin Zea mays saccharata. Jika dilihat dari penampakannya, jagung ini mirip seperti jagung biasanya, tetapi ukurannya relatif lebih kecil dan memiliki kulit yang lebih keras serta di dalam dalam biji terdapat tepung.

Jadi, kalau kita akan membuat popcorn dengan menggunakan jagung biasa, malah akan membuat marning. Salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari jagung juga. Tetapi, marning ini tidak meletup ketika dimasak, bentuknya mirip seperti biji jagung sebelum dimasak.

Cara Membuat Popcorn Caramel
cara membuat popcorn ala xxi
ramesia.com
Kamu yang suka pergi ke bioskop tentu tidak asing dengan jenis popcorn yang satu ini, popcorn caramel. Popcorn yang dilapisi dengan caramel, rasanya manis dan khas. Cocok banget buat nemenin nonton film di bioskop.

Baca juga  Pisang - Manfaat, Jenis, dan Informasi Penting Lainnya
Tapi, berhubung yang dibioskop itu harganya mahal atau kamu jarang ke bioskop, lebih baik kita coba buat sendiri. Kalau kamu cari-cari resep popcorn caramel dari tempat asalanya, biasanya menggunakan bahan seperti mentega, corn syrup, brown sugar, ekstrak vanila, dan garam. Beberapa resep ada juga yang dicampur antara brown sugar dan gula pasir. Bahkan ada yang menambahkan baking soda setelah adonan caramelnya diangkat dari atas kompor.

Kalau kita menggunakan resep dari bule-bule di sana, mungkin akan sulit mencari di dapur. Nah, mending sekarang kita bikin resep yang bahan-bahannya mudah dicari di dapur sendiri.

Sebelum memasak, kita siapkan peralatan untuk memasakna terlebih dahulu ya. Pertama adalah panci besar untuk memasak popcorn, lalu panci anti lengket untuk membuat caramel, panci untuk mencampur popcorn dan caramel, kertas roti.

Bahan Popcorn
1/2 up jagung khusus popcorn
1/4 cup minyak goreng
Bahan Caramel
1 cup gula pasir
125 gram unsalted butter atau mentega yang rasanya tidak asin
1/4 sendok teh garam
Cara Membuat Popcorn
Panaskan minyak di dalam panci menggunakan api sedang sampai benar-benar panas. Kamu bisa mengetas apakah sudah panas atau belum dengan memasukkan satu atau dua jagung, jika sudah meletup, artinya minyak sudah siap.
Masukan jagung lalu dengan segera tutup pancinya.
Goyang-goyangkan panci agar panas merata dan jagung tidak menjadi gosong.
Jika sudah tidak ada jagung yang letup lagi, berarti semua sudah meletup dan menjadi popcorn.
Tuang ke wadah lainnya dan buang jagung yang gagal meletup ya, kemudian sisihkan popcornnya.

Cara Membuat Popcorn Manis
Masak mentega, minyak, sirup jagung, dan garam menggunakan panci besar.
Lelehkan semua bahan sambil diaduk sampai semuanya tercampur rata.
Tambahkan 1/4 sendok teh pewarna makanan cair, lalu aduk lagi sampai rata.
Masukkan 1/3 cup jagung popcorn ke dalam panci, aduk sampai semua permukaan biji jagung terlapisi dengan campuran sirup jagung tadi. Masak dengan api sedang, dan jangan lupa tutup pancinya lalu goyang-goyangkan sampai semua jagung berubah menjadi popcorn.

Sumber :https://ramesia.com/cara-membuat-popcorn/

Membuat Aneka Resep Kue Kering 


Alat Untuk Membuat Kue Kering

Alat Untuk Membuat Kue Kering
tokopedia.com
Ada beberapa alat yang wajib kamu sediakan untuk membuat kue kering. Yang pertama wajib ada tentunya adalah oven roti, karena alat ini berfungsi memanggang kue sehingga menjadi kue kering. Jenis oven bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing, ada oven yang ditaruh di atas kompor, oven gas, sampai oven listrik.
Cara Membuat Kue Kering Kacang
Siapkan wadah yang cukup besar untuk membuat adonan. Lalu masukkan tepung terigu sebanyak 140 gram, susu bubuk setengah sendok makan, baking powder, garam halus secukupnya, vanilla dan 30gram maizena. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur merata.

Lalu siapkan wadah lainnya, dan masukkan 125gram gula putih halus beserta selai kacang. Kocok sampai tercampur rata dan lembut. Setelah tercampur rata, campurkan adonan kacang dan gula tersebut kedalam adonan terigu yang telah disiapkan sebelumnya. Tuang 100ml minyak kedalam adonan. Aduk hingga merata.

Kemudian giling adonan hingga terbentuklah adonan setebal setengah cm, bentuk adonan dengan cetakan. Biasanya kue kering kacang dicetak dengan cetakan bulan sabit. Siapkan loyang untuk memanggang dan olesi dengan minyak secukupnya. Setelah oven panas, masukkan loyang yang berisikan kue kering yang sudah dicetak. Oleskan kuning telur diatas kue tersebut lalu panggang dalam oven dengan suhu 120-130 derajat celcius.

Saat kue sudah berwarna kecoklatan itu berarti kue sudah matang dan siap diangkat. Waktu untuk memanggang sekitar 30 menit. Setelah kue matang sempurna angkat dan dinginkan kemudian masukkan kedalam toples untuk disajikan.

Aneka Resep Kue Kering Terbaru
Aneka Resep Kue Kering Terbaru
bukalapak.com
Seirig berkembangnya zaman, inovasi kue kering pun sudah merebak, semakin banyak jenis dan ragam kue kering yang muncul.  Nah, kali ini akan kita bahas aneka resep kue kering terbaru.

Resep Kue Nastar
Kue yang satu ini memang menjadi primadona saat lebaran. Nah, berikut ini adalah resep bahan serta cara membuat kue nastar.

Bahan yang perlu disiapkan antara lain :

250 gram tepung terigu
50 gram gula halus
2 butir kunging telur
100 gram mentega
2 butir kuning telur (untuk olesan)
½ sdm tepung maizena
½ sdm susu bubuk full cream
¼ sdt vanilli
Keju
Nanas
Cara membuat kue kering nastar :

Untuk membuat selainya terlebih dahulu parut nanas, dan masak bersama gula pasir sampai matang dan kental. Dinginkan hingga bisa dibentuk menjadi bulatan.

Selanjutnya membuat kue nastar :

Kocok telur dengan gula halus dan mentega hingga mengembang
Masukkan terigu dan vanili
Aduk hingga membentuk adonan yang bisa dibulatkan
Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan isikan selai nanas kedalam bulatan tersebut.
Letakkan kue yang sudah dibentuk diatas loyang yang sudah diolesi mentega
Oleskan kuning telur diatas kue. Kamu bisa menambahkan cengkeh kering diatasnya atau keju sebagai hiasan
Panggang kue hingga matang sempurna

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Steak Tartare yang Banyak Belum Diketahui

Mengenal Peluang Bisnis Ikan Bawal Dengan Keuntungan yang Maksimal